Halaman

Senin, 31 Juli 2023

Ma'had Tuhfatul Islam Bogor








السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Ma'had Tuhfah Al-Islami Bogor




       Sebuah lembaga kependidikan bernuansa Islami berbasis Pondok Pesantren Adab dan Qur'an Boarding School, yang terletak di Jl. Pahlawan Gg Jl. Gotong Royong No.RT 05/06, Cogreg, Parung, Bogor Regency, West Java 16330 atau bisa klik (untuk mengetahui lokasi pastinya)---> Ma'had Tuhfatul Islam Bogor Pesantren Adab & Qur'an Boarding School yang belum lama ini berdiri.

        Ada banyak sekali program-program dan kegiatan yang sangat bermanfaat, menambah wawasan baru dan kebersamaan yang hangat karena bisa bertemu dengan orang-orang dari  berbagai daerah dan status etnis. Ma'had Tuhfatul Islami ini adalah Pesantren Salafiyyah yang mengedepankan atau mengutamakan Adab. Seperti banyak ulama' Salafussholih di masa lampau yang juga mengutamakan Adab terlebih dahulu baru 'ilmu. 
Sebagaimana Yusuf bin Al Husain berkata, “Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”

    Jadi, teramat penting kita sebagai insan yang bernyawa dan memiliki akal untuk mempelajari adab. Seperti pepatah mengatakan, "jikalau manusia tidak beradab, ia layaknya seperti hewan liar yang sesuka hatinya." Maksudnya, seperti hewan yang ingin melakukan apapun yang dia sukai, seperti berburu, berkembangbiak di alam terbuka, menjadi pengacau di sebuah kelompok hewan lainnya dan lainnya sebagainya. Hanya insting atau nalurinya yang membuatnya bebas bahkan melakukan pemburuan dari muda yang ke lebih tua, atau sebaliknya. Padahal jika manusia seperti itu, jelas hal itu sangatlah bertentang dengan qodratnya sebagai manusia yang Allah Ta'ala ciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Bukan hanya sekedar menjadi pemimpin antar golongan manusia saja, tetapi keseimbangan ekosistem dunia ini juga menjadi hal mutlak yang harus di jaga, di kelola dengan baik karena setiap manusia yang terlahir ke dunia ini adalah seorang Khalifah/Pemimpin dan semua itu akan dimintai pertanggungjawaban.


Nah, itu sedikit pesan dari penulis pribadi yang ditujukan untuk penulis pribadi, Sahabat Pena Story dan semuanya yang membaca artikel ini. Kembali lagi nih, ke poin awal yaitu pengenalan Ma'had Tuhfatul Islam Bogor.


Sampai saat artikel ini sedang diketik, jumlah santri Ikhwan yang ada di Ma'had Tuhfatul Islam berjumlah 64 orang, yang terdiri dari kelas 7, kelas 8, kelas 9 dan kelas 10. Sedangkan di Tunis atau Tuhfatun Nisa sendiri, jumlah santri Akhwatnya sekitar 80 an kurang lebih dengan jumlah tingkatan kelas yang sama. Oh, iya lokasi Tuhfatun Nisa agak cukup jauh nih dari lokasi Tuhfatul Islam, yaitu di Lengkong Barang, Kp. Iwul, Jabon Mekar, Bogor.


Program unggulan di Tuhfis atau Tuhfatul Islam terdiri dari : 

  Tahfidz dan Hadits

  Sanad Mutun 'Ulumul Syar'i

  Sanad  Qira'at Riwayat Imam Hafs 

Nah, itulah program unggulan di Ma'had tersebut.


Selain ada program unggulan seperti yang telah saya sebutkan barusan, ada juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Seperti ; Bela Diri Karate, Panahan (Archery), Futsal, Basket, Komputer (IT), dan lain-lainnya. Oh iya, ada fasilitas yang in syaa Allah cukup memadai. Seperti : CCTV 24 jam, AC disetiap sakan/kamar santri, AC di Masjid, Pos Satpam, Tenaga Pengajar yang Profesional, Ruang Kelas yang komprehensif, Ruang Perpustakaan dengan kitab Literatur Klasik dan Modern, Lapangan Olahraga yang Komprehensif, Akses Jalan strategis (tol BSD ke Parung (Bogor) Outer Ring Road, Suasana Asri dan Natural, Sistem Informasi & Manajemen Terpadu dan lain-lainnya.

Informasinya yang lebih lengkap, bisa dilihat di : Ma'had Tuhfah Al-Islamy Bogor dan Ma'had Tuhfah Al-Islamy Bogor 


Mungkin itu saja informasi singkat dari Pena Story, siapa tahu ada diantara yang membaca yang sedang mencari Ma'had atau Pondok Pesantren berbasis boarding school atau mungkin ada yang berbaik hati ingin mendermakan sebagian hartanya di jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan mendapatkan pahala jariyah yang tiada terputus hingga akhir zaman. Ma'had Tuhfatul Islam Bogor sangat membuka pintu sekali jika ada yang ingin mendermakan sebagian hartanya, entah itu berupa barang (untuk pembangunan, fasilitas, Kamera, Drone, dll), uang, bahan makanan dan lain sebagainya.


Sekian dari saya, Selamat Beraktifitas Sahabat Pena Story dimanapun berada.

Jangan lupa untuk jaga kesehatannya ya, Mimin ucapkan وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Salam Hangat dan Rindu dari Pena Story.

 Bogor, Selasa, 01 Agustus 2023 M / 14 Muharram 1445 H

PENA STORY 

RIFER STORY (Jangan Lupa Mampir ya :) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentarnya yang baik.